Cara install VestaCP nginx dan php-rfm di centos

      Comments Off on Cara install VestaCP nginx dan php-rfm di centos

VestaCP adalah salah satu control panel terpopuler untuk VPS. Jadi bagi yang masih belajaran mengenai setting server (seperti saya) atau agak takut mengutak – atiknya lewat shell maka dengan menggunakan VestaCP anda bisa melakukan manajemen web hosting lewat panelnya. Bagusnya lagi cukup ringan jadi bisa diinstall pada VPS dengan spesifikasi rendah.

Proses untuk menginstall VestaCP ke server anda mudah sebenarnya, anda tinggal mendownload skrip instalasinya dan mengeksekusinya dengan akses root tentunya:

lalu jalankan perintah berikut

Selanjutnya akan muncul tampilan awal informasi Vesta Control Panel dan apa saja fitur – fiturnya. Ketik y dan ENTER untuk melanjutkan proses instalasinya. Isikan alamat email administrator servernya dan apa hostnamenya. Setelah itu silahkan tunggu kurang lebih 15 menit.

vestacp

Bila sudah selesai maka akan muncul lokasi login untuk administrasinya, biasanya dalam format https://alamat-ip.anda:8083, yang terakhir itu adalah portnya. Misal https://192.168.1.222:8083, tentu saja gantikan dengan alamat IP VPS anda yang asli. Jangan lupa catat dan simpan username admin juga passwordnya.

vestacp1

Karena menggunakan HTTPS dan sertifikat SSLnya adalah self-signed biasanya di browser akan muncul error. Mozilla Firefox muncul pesan This Connection is Untrusted dan di Google Chrome errornya Your connection is not private. Ini bisa dengan aman diabaikan. Nanti anda bisa gantikan dengan sertifikat SSL yang valid, tapi diurus belakangan saja.

dan akan muncul halaman login VestaCP. Silahkan isi dengan user account administrator yang otomatis dibuatkan tadi untuk masuk.

cp2

Facebooktwitterrss
Facebooktwitter